Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 20 Oktober 2011

Wirid PWP Oktober 2011

Wirid PWP dilaksanakan setiap Hari Rabu minggu ketiga pada setiap bulannya. Bertempat di Gedung pertemuan Jasmine dimulai sekitar pukul 10.30 wib. Pada kesempatan tersebut penanggung jawab acara dipegang oleh ibu-ibu blok D, dengan penceramah  ustadz Avri Lagan atau dikenal dengan motivator muda Mr. Lagan.
Tausiyah kali ini berisi tentang i'tibar kepada keluarga Nabi Ibrahim a.s.
Menilik beberapa fenomena yang terjadi di jaman sekarang, khususnya permasalahan akhlak yang semakin menurun, perlu dikaji lebih dalam tentang penyebabnya, latar belakangnya hingga kepada bagaimana penyelesaiannya.
Contoh yang mudah dijumpai misalnya banyak perempuan berjilbab tetapi tidak melaksanakan sholat, tanpa ada rasa penyesalan dan rasa takut kepada sang khalik. Banyak juga cerita tentang  orang tua yang  marah besar saat anaknya mendapat nilai buruk pada pelajaran sekolahnya, namun memberi kebebasan untuk tidak mengaji atau sholat. astaghfirullah.
Tentang kehidupan berumah tangga, dilihat dari data statistik, provinsi Riau merupakan wilayah dengan tingkat perceraian yang tinggi di Indonesia. Secara umum penyebab utama perceraian tersebut adalah kurangnya pemahaman arti cinta kasih tulus karena lebih mengedepankan masalah materi.
Mari kita selalu berintrospeksi diri, dan beri'tibar kepada keberhasilan Nabi Ibrohim as dalam mendidik keluarganya.
Apa kunci keberhasilan beliau tersebut? Diantaranya adalah :
- Adanya keterbukaan dan komunikasi dengan anak.
 Dalam segala hal untuk mendidik akhlak anak, utamakan adanya keterbukaan dan membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak kita.
Ada pendapat seorang alim ulama yang menyatakan bahwa saat anak berusia 0-5 tahun perlakukan mereka seperti raja. Saat berusia 7-12 tahun didiklah seperti tentara yang penuh dengan nasihat, perintah, kedisiplinan. Saat berusia 12-dewasa, jadikan seperti sahabat, agar mudah mengutarakan isi hatinya kepada orang tua.
- Mengajarkan istri agar patuh terhadap suami, tentunya untuk hal-hal baik dan sesuai dengan ajaran agama.
- Bersikap amanah dalam memelihara keluarga
- Memandang dan mencari kelebihan pasangan, bukan mencari kekurangannya, agar semakin menambah cinta dalam keluarga.   

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger